seorang bos yang memarahi karyawannya |
Ketika menangani karyawan, terkadang kesabaran Anda di
uji dengan kurangnya motivasi, dan ketidakpatuhan terhadap apa yang Anda
perintahkan. Dan hanya karena Anda seorang bos, bukan berarti Anda orang
sempurna. Terkadang kita sering mengatakan hal – hal yang akan membuat kita
menyesal di kemudian hari.
Tidak seperti pekerja pada umumnya, seorang bos harus
menjaga kata – katanya ketika melakukan komunikasi secara verbal. Jangan sampai
kesalahan verbal yang Anda lakukan membuat karyawan Anda tidak termotivasi
untuk bekerja, karena hal tersebut dapat mengakibatkan masalah yang lebih besar
untuk organisasi Anda.
Sebuah komentar spontanitas yang buruk dapat
menghancurkan reputasi dan kepercayaan karyawan terhadap diri Anda, dan apabila
hal tersebut terjadi, maka butuh waktu yang sangat lama untuk memperbaikinya.
Berikut ini merupakan tujuh kata yang harus dihindari, terutama ketika Anda
sedang marah.
1. Saya tidak memiliki waktu untuk ini.
Apa Anda serius? Anda adalah bos. Sudah tugas Anda
untuk menyediakan waktu. Daripada menolak permintaan karyawan ketika mereka
meminta waktu Anda, Anda dapat menundanya sejenak, dan ketika Anda sudah
memiliki waktu Anda dapat memanggil mereka, sehingga perhatian Anda tidak
terganggu ketika berbicara dengan mereka.
2. Mengapa hanya Anda yang memiliki
masalah dengan ini?
Jika kita berbicara mengenai karyawan yang selalu
tidak patuh atau memiliki masalah dengan kinerja, maka Anda dapat mengatakannya
secara langsung. Tetapi jika Anda berbicara kepada karyawan yang biasanya
kooperatif yang memberikan kesulitan pada diri Anda pada situasi tertentu, maka
mungkin masalahnya adalah Anda tidak mau mendengar dia atau ide alternatif
lain. Atau mungkin dia sedang mengalami hari yang buruk. Apa pun masalahnya,
jangan pernah mengasumsikan bahwa dia tidak patuh tanpa alasan dan pastinya
jangan pernah memberikan pertanyaan di atas. Jangan pernah membandingkan
karyawan yang satu dengan yang lainnya. Sama seperti ketika Anda membandingkan
anak Anda yang satu dan yang lainnya, ini merupakan ide yang sangat buruk.
3. Saya adalah bos. Lakukan apa yang
saya katakan.
Kita semua adalah orang dewasa. Anda tidak mungkin
berharap bahwa karyawan Anda akan menerima pernyataan Anda hanya karena Anda
adalah seorang bos. Jika Anda menentukan standar yang berbeda bagi karyawan
Anda melebihi diri Anda, Anda tidak dapat berharap mereka akan menghormati apa
yang Anda minta dari mereka
4. Anda beruntung sudah memiliki
pekerjaan.
Jika itu adalah perasaan Anda kepada karyawan Anda,
mungkin sebenarnya Andalah yang beruntung telah memiliki pekerjaan. Tidak ada
satu orang pun yang dapat bekerja dengan baik dalam lingkungan yang diciptakan
seolah – olah mereka telah berhutang kepada perusahaan. Jika Anda tidak dapat
bekerja sama dengan karyawan tertentu, maka bersikaplah profesional dan
selesaikan masalah tersebut secara langsung. Carilah cara untuk memperbaiki
perilaku mereka atau memecatnya sesegera mungkin. Mental yang membuat mereka
harus tunduk kepada Anda membuktikan bahwa Anda belum dewasa dan itu adalah
bukti bahwa Anda tidak memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik.
5. Jika Anda tidak suka, saya akan
mencari orang lain yang dapat melakukannya
Sebagai manajer, hampir setiap keputusan diambil oleh
Anda, tetapi bukan berarti hal tersebut mengijinkan Anda untuk menjadi semena –
mena. Setiap orang dapat menyebut diri mereka sebagai seorang manajer atau bos,
tetapi seorang atasan yang baik akan menggunakan keahlian mereka dalam memimpin
untuk memotivasi karyawan dan memberikan hasil. Mengancam karyawan dengan “akan
memecat” mereka agar Anda dapat mendapatkan apa yang Anda mau merupakan cara
yang sangat buruk. Ya tentu saja, mereka mungkin akan melakukan apa yang Anda
minta pada awalnya, tetapi jika Anda terus menerus melakukan hal tersebut,
mereka akan kehilangan motivasi kerja dan tidak ingin melakukan pekerjaan
mereka dengan baik. Dan kemungkinan terburuk mereka akan berhenti.
6. Anda lihat nama saya di pintu itu?
Ya, terus kenapa? Memang benar Anda mungkin membangun
bisnis ini dari nol atau Anda menginvestasikan uang dan waktu Anda untuk
membuat perusahaan menjadi seperti saat ini. Tetapi Anda bukanlah “Dewa” dan
melemparkan amarah Anda kepada orang lain bukanlah cara yang produktif untuk
membuat karyawan patuh kepada Anda. Tanpa karyawan, Anda bukanlah siapa –
siapa.jadi jangan somong meskipun anda adalah seorang bos
7. Anda tidak tahu seperti apa tekanan
saya
Setiap orang memiliki tekanannya sendiri. Hanya karena
Anda memutuskan bahwa tekanan Anda jauh lebih besar dari mereka, bukan berarti
hal tersebut memang benar adanya dan Anda tidak berhak untuk mengecilkan orang
lain.
0 komentar:
Posting Komentar