Kamis, 30 Juni 2016

Tips agar karir anda melesat dengan cepat

Tips agar karir anda melesat dengan cepat

 
Pertarungan untuk mendapatkan promosi dalam tempat kerja membutuhkan rencana strategi dan komitmen agar menjadi lebih efektif dan memastikan agar Anda mendapatkan hasil yang Anda butuhkan untuk membantu meningkatkan karir Anda. Pasti banyak kesempatan yang hilang jika kita tidak mau mengejarnya karena rasa takut atau kurangnya kepercayaan diri. Pada dasarnya, kunci kesuksesan itu adalah percaya diri dan berani mengambil resiko.walaupun kita memiliki keahlian yang dibutuhkan dan kemampuan untuk melakukan hal tersebut, namun semuanya menjadi tidak berguna tanpa sebuah tindakan nyata. Kamu tahu bahwa sebuah tindakan memberikan kita kepercayaan diri dan dari hal itulah lahir seorang pemimpin yang tidak mengenal takut.

Untuk menjadi yang menonjol dalam pekerjaan, Anda tidak bisa hanya bergantung pada hasil pekerjaan Anda saja. Hasil pekerjaan Anda mungkin luar biasa dan layak untuk mendapatkan penghargaan, namun jika Anda tidak berani untuk berbicara mengenai hal tersebut, maka Anda tidak akan mendapatkan pengakuan apapun.

Jika Anda merasa ingin maju namun tidak tahu harus memulainya dari mana, coba ikuti tiga strategi berikut yang dapat membuat karir Anda maju lebih cepat.
         1.   Berani mengemukakan pendapat


Berapa banyak meeting yang sudah Anda lakukan dan Anda hanya duduk diam selagi mendengarkan orang lain berbicara tentang beberapa ide, sementara Anda memiliki banyak ide luar biasa namun Anda tidak yakin dengan ide tersebut? Berikan diri Anda kesempatan. Ide yang Anda miliki pantas untuk diutarakan karena semua itu datang dari pengalaman dan pengetahuan Anda sendiri. Jangan biarkan orang lain mengintimidasi Anda. Ingatlah bahwa mereka juga manusia sama seperti Anda dan saya. Cobalah untuk berbicara pada meeting berikutnya.

Ketika Anda mengutarakan ide Anda, bersiaplah untuk mendapatkan kritik, namun jangan biarkan orang lain mengambil kekuatan Anda. Berdirilah dengan tegak dan bertahanlah di posisi tersebut sambil tetap menghormati dan terbuka untuk menerima saran dari orang lain.

      2.   Bangun hubungan baik dengan orang – orang yang berpengaruh


Akan selalu ada orang  – orang yang terlihat mudah untuk mendapatkan pengakuan. Orang – orang yang selalu diundang untuk makan siang bersama, pesta, atau perjalanan bisnis. Temukan orang tersebut dan jalinlah hubungan dengan mereka. Undang mereka untuk makan siang atau tawarkan bantuan untuk proyek spesial yang sedang mereka kerjakan. Cari tahu siapa saja orang – orang yang berada di lingkaran mereka dan jalin hubungan juga dengan mereka

Ketika kita berhubungan dengan berbagai level karyawan di kantor.Hubungan dengan sesama karyawan apapun jabatannya tidak sekedar hubungan pekerjaan,melainkan terselip juga hubungan personal.Sehingga kita bisa akrab dengang semua karyawan.

     3.   Melihat masalah dan menawarkan solusi untuk menyelesaikannya


Saya yakin Anda pasti dapat menemukan paling tidak satu masalah internal atau eksternal yang membutuhkan sebuah penyesuaian. Ambil inisiatif dan berikan pertanyaan mengenai proses atau masalah tersebut dan kumpulkan data – data yang akan mendukung alasan Anda untuk melakukan penyesuaian tersebut. Sangat penting bagi Anda untuk mengumpulkan informasi tanpa mendapatkan bantuan dari orang lain. Mengapa? Karena Anda harus menunjukkan bahwa ini merupakan ide segar dan unik yang lahir dari pemikiran Anda.

Kadang – kadang kita harus menjaga telur emas untuk diri kita sendiri. Hal ini harus Anda lakukan untuk menjaga diri Anda dari sebuah realitas pahit yaitu: banyak orang yang mungkin berusaha untuk menyingkirkan Anda, oleh karena itu Anda tidak boleh terlalu naif. Pastikan Anda memiliki semua data atau fakta yang berkaitan dengan saran yang Anda berikan ketika Anda sedang mempresentasikan ide Anda kepada top manajemen. Ketika Anda sedang melakukan presentasi, Anda harus percaya diri dan jangan biarkan agar ide Anda hanya diam saja di ruang meeting, katakan bahwa Anda akan melakukan follow up dan minta kepada mereka agar Anda yang akan memimpin proyek tersebut, tentu saja jika proyek tersebut diterima.

Anda dapat menciptakan kesempatan dimana pun Anda berada. Anda akan menjadi pegawai yang lebih baik dan Anda akan membangun hubungan dalam proses tersebut.

           4.   Bersikap profesional


Secara konsep ada empat sikap profesional sehingga anda layak disebut seseorang profesional.Sikap pertama adalah memiliki karakter yang terpuji.karakter swlalu bersinggungan dengan etika dan moralitas.seseorang pantas di sebut profesionalitas apabila tingkah lakunya berpatokan pada etika,dimana kebaikan dan kebenaran umum menjadi landasan perilakunya

Kedua adalah penguasaan yang mendalam atas apa yang menjadi tanggung jawab pekerjaannya atau sering disebut kompetensi.seorang profesional adalah orang yang berkompeten dalam pekerjaannya

Ketiga adalah kesungguhan hati dalam bekerja.Kaum profesionla selasu bertanggung jawab atas pilihannya.Ketika anda bertanggung jawab,dapat dipastikan bahwa anda memiliki kesungguhan hati di dalamnya.Usahakan anda selalu melampau target yang perusahaan tetapkan.sehingga pimpinan anda akan memperhitungkan peluang anda untuk naik jabatan yang lebih tinggi

Keempat adalah ketangguhan untuk menuntaskan apa yag menjadi tanggung jawabnya.Pribadi yang tangguh artinya tuntas saat diberi tugas.Anda harus memberikan kinerja yang optimal.Jangan mudah menyerah saat menghadapi masalah dalam perusahaan.

2 komentar:

  1. Bagus sekali. Saya mau coba melakukan usaha kecil. Doakan semoga sukses. Indah menjadi bos kecil

    BalasHapus