Jumat, 24 Juni 2016

Tips agar Karyawan berkembang di perusahaan

Persaingan itu selalu terjadi kapan saja dan dimana saja, begitu juga di dunia kerja. Persaingan dalam dunia kerja tidak hanya terjadi saat proses melamar pekerjaan, tapi juga saat kamu sudah mulai bekerja. Kamu harus bersaing secara sehat dengan teman-teman kantormu, menunjukkan performa yang profesional demi bisa bertahan sebagai seorang karyawan yang baik.

Kalau kamu bisa menunjukkan performa terbaikmu sebagai karyawan, kamu bisa dapat kesempatan untuk mendapatkan promosi dari atasan.Kamu tidak ingin masuk jadi pegawai terus pensiun juga jadi pegawai?Tidak mau karir mu datar-datar juga? Kenaikan jabatan ini tentunya diimbangi juga dengan kenaikan pendapatanmu.Nah, agar kamu bisa jadi kandidat kuat yang layak mendapatkan promosi jabatan, kamu perlu melakukan beberapa hal ini.

1. Usahakan Selalu Datang Ke Kantor Paling Awal dan Pulang Lebih

Nggak ada salahnya kalau kamu berada di kantor sedikit lebih lama dari jam kerja yang seharusnya. Datanglah 15 menit lebh awal dari jam masuk kantor, dan sisakan waktu lebih untuk tinggal sebentar di kantor saat jam pulang. Ini bisa jadi poin plus buat kamu, terutama jika kamu adalah pegawai baru.

Atasanmu pasti akan menyadari siapa saja pegawainya yang paling rajin dan disiplin. Dengan datang lebih awal, tentu saja kamu udah termasuk sebagai pegawai yang disiplin.



2. Jangan Takut Menyampaikan Ide dan Pendapatmu Di Saat Meeting


Salah satu cara terbaik untuk bisa mendapatkan perhatian dari atasanmu adalah dengan menjadi karyawan yang aktif. Saat sedang meeting, ikutlah berkontribusi dengan cara mengutarakan ide-ide dan pendapatmu.Tapi perlu diingta,menyampaikan ide harus dengan sopan dan mudah dimengerti.

Jangan takut kalau pendapat dan idemu ditolak, tidak ada pendapat yang salah.Setidaknya kamu sudah menunjukkan aksimu pada atasanmu .Toh,kamu malah mengetahui ide lain yang lebih baik darimu.Jadi gunakan itu sebagai pengalaman. Tapi meskipun begitu, kamu juga harus berusaha untuk memberikan ide-ide dan pendapat yang berbobot.

3. Biasakan Selalu Bekerja Dengan Terorganisir dan terencana


Aturlah jadwal pekerjaanmu sebaik mungkin. Jadwal yang teroganisir bisa membuatmu terlihat lebih profesional saat bekerja. Kamu jadi lebih mudah melakukan pekerjaanmu, kamu tahu apa saja yang harus kamu kerjakan sekarang dan nanti.

Selain itu, dengan cara ini kamu juga tidak mudah stres karena semuanya berjalan sesuai dengan rencana. Kamu bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan kecil, sehingga kamu akan mendapatkan penilaian yang baik dari atasanmu.

4. Kalau Pekerjaanmu Sudah Selesai dan Kamu Masih Ada Waktu, Jangan Segan Tawarkan Bantuan

Ada kalanya kamu sedang tidak banyak pekerjaan yang harus kamu kerjakan. Dari pada kamu hanya menganggur saja, jauh lebih baik kalau kamu menawarkan bantuan kepada teman yang sedang membutuhkan bantuan.

Tunjukkan kalau kamu adalah karyawan yang peduli dengan karyawan yang lain. Dengan menolong teman kerja, itu membuktikan bahwa kamu juga bisa bekerja secara tim. Ini tentunya akan membuatmu disukai oleh semua karyawan, dan mereka pasti akan mendukungmu untuk dipromosikan pada atasan.


5. Bekerjalah Secara Konsisten Sepanjang Hari


Bekerjalah dengan konsisten, dan sesuaikan juga dengan kemampuan yang kamu miliki. Jangan banyak membuang waktu kerjamu dengan melakukan hal-hal yang nggak berkaitan sama sekali dengan pekerjaan.

Jangan sampai atasanmu melihatmu sedang bersantai-santai saat jam kerja. Kalau kamu memang sedang ingin beristirahat, lebih baik kamu pergi sejenak ke tempat istirahat. Lalu segeralah kembali ke meja kerjamu dan selesaikan pekerjaanmu.

6. Jadilah orang yang berinisiatif dan berinovasi dalam perusahaanmu

Tunjukkan juga kalau kamu peduli dengan lingkungan kantormu. Beranikan diri untuk memberikan ide dan masukan pada atasanmu jika kamu punya ide mengenai lingkungan kantormu.

Misalnya, kamu merasa jika ruangan kerja di kantormu itu kurang mendukung produktivitas kerja karyawan, sampaikan hal itu pada atasanmu dan jangan lupa juga berikan alasan-alasan dan solusinya. Atasanmu pasti akan sangat senang jika ada karyawan yang bisa memberikan masukan yang bermanfaat untuk perusahaan.

7. Selalu Tunjukkan Bahasa Tubuh yang Positif


Selain penampilan, hal pertama yang dinilai orang adalah bahasa tubuh kita. Bahasa tubuh adalah komunikasi non verbal, sehingga apapun gerakan tubuh yang kamu lakukan memiliki makna tertentu yang akan diinterpretasikan oleh orang lain.

Oleh sebab itu kamu harus bisa menunjukkan bahasa tubuh yang positif. Misalnya dengan cara berjalan yang tegap, murah senyum, dan menatap ramah setiap orang. Dengan bahasa tubuh seperti ini, semua orang pasti yakin dengan dirimu.

8. Salah Dalam Bekerja Itu Pasti,Yang Penting Kamu Belajar Dari Kesalahan Itu


Saat bekerja kamu pasti pernah melakukan beberapa kali kesalahan, dan itu lumrah terjadi. Yang terpenting adalah kamu harus selalu bisa belajar dari kesalahan-kesalahan yang pernah kamu lakukan. Teruslah berusaha untuk menunjukkan kemajuan pada atasan dan semua rekan kerjamu.

Kalau kamu mendapat teguran dan kritikan, jangan terlalu kamu ambil hati. Bekerjalah secara profesional. Terimalah kritik itu sebagai acuan untuk bisa meng-improve kemampuanmu.

9. Bekerjalah Dengan Penuh Integritas dan Kejujuran


Bekerja dengan cara yang bersih dan jujur pasti akan membuatmu jadi seorang karyawan yang teladan dan disegani oleh karyawan yang lain. Jangan pernah tergiur untuk melakukan kecurangan saat bekerja.

Berbuat curang bisa merugikan dirimu sendiri dan perusahaan. Nggak mudah memang untuk mendapatkan hati dan perhatian dari atasan. Tapi lakukanlah dengan cara yang positif dan bersainglah secara sehat.

10. perbanyak jaringan pertemanan


Umum di ketahui bahwa karyawan yang dapat di promosikan adalah orang yang pintar,semangat tinggi,ramah,pemecah masalah yang baik dan pengambil resiko yang besar.Ternyata tidak semua hal itu benar bakan hampir bertolak belakang untuk membuat anda menjadi naik jabatan.Lalu apa yang membuat karyawan naik jabatan?

Jawabannya adalah “kecerdasan organisasi”.Apa itu kecerdasan berorganisasi?Kecerdasan organisasi adalah kemampuan  karyawan dalam membangun hubungan,belajar mengelola konflik,menciptakan sebuah tempat tersendiri dan mengembangkan kredibilitas.Biasanya tipe karyawan seperti ini saat sekolah sering aktif dalam berorganisasi.Sehingga pribadinya sudah terbiasa hidup dan mengelola organisasi.

Jadi jika kalian masih sekolah atau kuliah,jangan buang kesempatan emas untuk ikut dalam organisasi.Itu sangan membantu pengembangan diri kalian untuk berberapa tahun yang akan datang

11. Berlatih kerja sama tim

Berkerja sama dengan rekan tidak hanya untuk sebatas kerja saja.Bahkan perlu lebih itu.Karyawan yang hebaat yaitu apabila ia mampu menciptakan tim yang penuh cinta  sekaligus ada visi yang jelas.Dan jika terlibat dalam tim,ia akan mudah menyesuaikan diri.Ia akan memberi kontributor kepada tim,bukan malah melakukan sebaliknya.

0 komentar:

Posting Komentar